PROSPEX-5 (Process of Safe Operational Excellence -5)

PROSPEX-5 (Process of Safe Operational Excellence -5)

Dibaca sebanyak :5082|12 Oktober 2015 - 09:55:46 WIB

PROSPEX-5 (Process of Safe Operational Excellence -5)

PROSPEX-5 (Process of Safe Operational Excellence-5): Metode Meningkatkan Kinerja Bisnis Anda Melalui Safety           Transformasi ALCOA selama 13 tahun dari tahun 1987 hingga tahun 2000 menunjukkan bahwa fokus p...


PROSPEX-5 (Process of Safe Operational Excellence-5):
Metode Meningkatkan Kinerja Bisnis Anda Melalui Safety

 

 

 

 

 

Transformasi ALCOA selama 13 tahun dari tahun 1987 hingga tahun 2000 menunjukkan bahwa fokus pada safety dapat membantu perusahaan menjadi lebih menguntungkan baik dari sisi kualitas, safety, cost, produktivitas. Para pakar setuju bahwa safety dapat berkontribusi dalam keuntungan perusahaan pada banyak hal seperti : menghindari biaya klaim akibat kecelakaan kerja, karyawan dengan serta merta menjadi lebih terikat baik secara fisik maupun emosional, turn over karyawan menjadi lebih rendah sementara produktivitas dan kualitas menjadi  lebih baik, terlebih lagi meningkatkan safety dapat berkontribusi pada pencapaian Budaya Disiplin Operasional.

 

 

Jika Anda klik "Transformasi ALCOA", dapat ditemukan penjelasan lebih lanjut seperti berikut:

 

Zero Accident dan penyakit akibat kerja telah menjadi tujuan lama Alcoa. Tapi ketika Zero Accident pertama kali menjadi target, tampaknya tidak dapat diraih. "Kecelakaan tidak terelakkan" adalah respon yang dulu sering muncul.
 
Sebenarnya tidak. Kita bisa mencapai angka Zero Accident. Hal ini memungkinkan, dan, di banyak lokasi, hal itu sudah ada berkat dedikasi usaha dan komitmen yang kuat terhadap nilai-nilai inti kami, salah satunya adalah untuk bekerja dengan aman, meningkatkan kesehatan, dan melindungi lingkungan.

 

 

 

Safety Excellence: lihat

 

 

 

 

 

Pendekatan Kami

 

Untuk mengetahui bagaimana Penerapan Safety di ALCOA dapat berkontribusi terhadap kinerja Bisnis yang meningkat hingga 5 kali lipat selama kurun waktu 13 tahun, BPSI melalui Divisi Penelitian dan Pengembangan selama 4 tahun mencoba mengamati penerapan Safety di pelanggan kami melalui Survey dan Seminar Safety serta melihat dampaknya terhadap operasional produksi. Hasilnya BPSI mampu menyusun program konsultansi PROSPEX-5 yang di desain untuk memaksimalkan keuntungan, meminimalkan biaya dan fokus kepada implementasi dari solusi yang ditemukan berdasarkan 4 sudut pandang transformasi.

 

Safety as foundation: lihat

 


Materi konsultansi PROSPEX-5 akan membantu klien kami dalam proses akuisisi pengetahuan dan identifikasi akar masalah. Pendekatan kami berbasis solusi dan memungkinkan klien kami untuk mendidik dan membentuk asset mereka yang paling utama yaitu – Manusia. Kami selalu melihat permasalahan klien dan membawa solusi melalui 4 sudut pandang transformasi. Pendekatan yang terintegrasi ini memastikan bahwa tidak ada masalah yang tertinggal, solusi yang tereksekusi dengan baik, dan mendapatkan imbal hasil keuangan dari proyek yang dilakukan.

 


 

 

 

 

 

Bagaimana PROSPEX-5 Bekerja?


Kami bekerja melalui 4 fase transformasi - 3MS -  yang sudah teruji dengan total durasi program tergantung hasil diagnosa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk mengukur dampak pelatihan, BPSI menggunakan pendekatan model Kirk Patrick seperti ilustrasi dibawah ini:

 

 

Selain untuk pelatihan, BPSI juga telah mengembangkan teori Return On Safety Investment (R.O.S.I.) yang digunakan untuk mengukur investasi peralatan safety yang pembahasannya akan disampaikan pada Lokakarya Nasional Pembudayaan K3:

 

"Strategi Safety Excellence untuk Mendukung Effective Business dengan Metode PROSPEX-5"

(Klik untuk informasi lengkap Lokakarya Nasional Pembudayaan K3)

 

yang akan diselenggarakan di Jakarta, tanggal 16-18 November 2016.

 

 

 

Sumber : Transformasi ALCOA

 

 

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk mengunduh materi presentasi: 

Meningkatkan Budaya K3 Melalui PROSPEX-5

Find Us